Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)Ujian Nasional tahun 2019 pelaksanaannya tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2018 yaitu berbasis komputer. Setelah terbukti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) mampu menekan angka kecurangan UN dengan sangat baik maka untuk seterusnya kemungkinan UNBK ini tidak akan dirubah.

Masalah UNBK yang harus segera diantisipasi berikutnya adalah komputer yang akan digunakan di sekolah, dominan sekolah yang melaksanakan UNBK masih kekurangan komputer untuk digunakan pada saat UNBK. Biasanya untuk mengatasi masalah kekurangan komputer pada hari-H pihak sekolah akan meminjam dari pihak-pihak yang tidak menyalahi peraturan yang ada.

Masalah berikut yang tidak kalah pentingnya harus diantisipasi agar pelaksanaan UNBK dapat berlangsung seperti yang diharapkan adalah tingkat kesulitan soal. Masih jelas dalam ingatan kita bahwa banyak meme yang beredar tetang sulitnya soal-soal UN yang berbasis komputer. Meskipun sebenarnya sulit itu relatif tetapi pada UN tahun 2018 kemarin banayk anak-anak mnegeluhkan sulitnya soal UNBK.

Salah satu cara untuk mengurangi rasa takut dalam menghadapi ujian-ujian dan terkhusus UNBK adalah kita harus punya persiapan dalam menghadapi soal-soal Ujian Nasional. Berikut kita coba latihan soal Simulasi UNBK Matematika IPA, mari berlatih dan berdiskusi;
1. Panitia lomba olimpiade matematika membuat nomor peserta yang disusun dari angka $1,\ 3,\ 3,\ 4,\ \text{dan}\ 7$. Jika nomor-nomor tersebut disusun berdasarkan kodenya mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar, nomor peserta $43137$ berada pada urutan ke-...
$(A)\ 40$
$(B)\ 42$
$(C)\ 44$
$(D)\ 85$
$(E)\ 86$
Alternatif Pembahasan:

Dari angka $1,\ 3,\ 3,\ 4,\ \text{dan}\ 7$ akan disusun sebuah nomor yang berurutan dari terkecil sampai yang terbesar.
Dimulai dari yang terkecil;
Jika angka $1$ didepan angka berikutnya $3,\ 3,\ 4,\ \text{dan}\ 7$, banyak kemungkinan susunan adalah memakai permutasi jika ada unsur yang sama.
$P_{(p,q,r)}^{n}=\frac{n!}{p!\cdot q! \cdot r!}$
$P_{(2,1,1)}^{4}=\frac{4!}{2!\cdot 1! \cdot 1!}=\frac{24}{2}=12$

Jika angka $3$ didepan angka berikutnya $1,\ 3,\ 4,\ \text{dan}\ 7$, banyak kemungkinan susunan adalah memakai permutasi tidak ada unsur yang sama.
$P_{r}^{n}=\frac{n!}{(n-r)!}$
$P_{4}^{4}=\frac{4!}{(4-4)!}=24$

Jika angka $41$ didepan angka berikutnya $3,\ 3,\ \text{dan}\ 7$, banyak kemungkinan susunan adalah memakai permutasi jika ada unsur yang sama.
$P_{(2,1)}^{3}=\frac{3!}{2!\cdot 1!}$
$P_{(2,1)}^{3}=\frac{6}{2}=3$

Jika angka $43$ didepan angka berikutnya $1$, $3$ dan $7$,

Kita sudah sampai pada susunan $43137$, yang berada pada urutan ke- $12+24+3+1=40$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A).\ 40$

2. Pada suatu segitiga siku-siku diketahui nilai $cos^{2}A=\frac{8}{10}$ dengan $A$ adalah sudut lancip. Nilai dari $tan\ A= \cdots$
$(A)\ -1$
$(B)\ -\dfrac{1}{2}$
$(C)\ \dfrac{1}{4}$
$(D)\ \dfrac{1}{2}$
$(E)\ 1$
Alternatif Pembahasan:

Dari nilai $cos^{2}A=\frac{8}{10}$ dapat kita peroleh nilai $cos\ A$,
$cos\ A= \pm \sqrt{\frac{8}{10}}$
$cos\ A= \pm \frac{\sqrt{4}}{\sqrt{5}}$
Karena $A$ adalah sudut lancip maka $cos\ A= \frac{2}{\sqrt{5}}$.

Dari identitas trigonometri $sin^{2}A+cos^{2}A=1$, atau bisa juga dengan bantuan segitiga siku-siku kita bisa dapatkan nilai $sin\ A$.
$sin^{2}A=1-cos^{2}A$
$sin^{2}A=1-\frac{8}{10}$
$sin^{2}A=\frac{2}{10}$
$sin\ A=\sqrt{\frac{1}{5}}$
$sin\ A=\frac{1}{\sqrt{5}}$

$tan\ A= \frac{sin\ A}{cos\ A}$
$tan\ A= \frac{\frac{1}{\sqrt{5}}}{\frac{2}{\sqrt{5}}}=\frac{1}{2}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \dfrac{1}{2}$

3. Persamaan garis singgung kurva $y=x^{2}+4x-3$ yang tegak lurus dengan garis $x+2y-10=0$ adalah...
$(A)\ 2x+y+4=0$
$(B)\ 2x-y-4=0$
$(C)\ x+2y-4=0$
$(D)\ x+2y+4=0$
$(E)\ -x+2y-4=0$
Alternatif Pembahasan:

Persamaan garis secara umum adalah $y-y_{1}=m \left( x-x_{1} \right)$
Gradien garis $x+2y-10=0$ adalah $m=-\frac{1}{2}$

Persamaan garis singgung kurva tegak lurus dengan garis $x+2y-10=0$ maka:
$m_{1} \cdot m_{2}=-1$
$-\frac{1}{2} \cdot m_{2}=-1$
$m_{2}=2$

Persamaan garis singgung kurva $y=x^{2}+4x-3$ gradiennya adalah $m_{2}=2$ dan $m=y'$, maka:
$2x+4=2$
$2x=-2$
$x=-1$
Saat $x=-1$ kita peroleh $y=(-1)^{2}+4(-1)-3=1-4-3=-6$

Persamaan garis singgung kurva adalah
$y-y_{1}=m \left( x-x_{1} \right)$
$y-(-6)=2 \left( x-(-1) \right)$
$y+6=2 \left( x+1 \right)$
$y+6=2x+2$
$y-2x+4=0$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 2x-y-4=0$

4. Persamaan kuadrat $x^{2}+(m-1)x+9$ mempunyai akar-akar real berbeda. Batasan nilai $m$ yang memenuhi adalah...
$(A)\ -5 \lt m \lt 7$
$(B)\ m \lt -5\ \text{atau}\ m \gt 7$
$(C)\ m \lt -7\ \text{atau}\ m \gt 5$
$(D)\ -7 \lt m \lt 5$
$(E)\ -7 \lt m \lt -5$
Alternatif Pembahasan:

Agar persamaan kuadrat mempunyai akar-akar real berbeda, maka $D \gt 0$ dimana $D=b^{2}-4ac$.
$D=(m-1)^{2}-4(1)(9)$
$D=m^{2}-2m+1-36$
$D=m^{2}-2m-35$
$m^{2}-2m-35 \gt 0$
$(m+5)(m-7) \gt 0$
$m \lt -5\ \text{atau}\ m\ \gt 7$

Jika masih kesulitan menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan cepat silahkan disimak caranya: Cara Kreatif Menentukan HP Pertidaksamaan Kuadrat

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ m \lt -5\ \text{atau}\ m\ \gt 7$

5. Kamar Akbar berbentuk balok dengan ukuran panjang : lebar : tinggi=5:5:4. Di langit-langit kamar terdapat lampu yang letaknya tepat pada pusat bidang langit-langit. Pada salah dinding kamar dipasang saklar yang letaknya tepat di tengah-tengah dinding. Jarak saklar ke lampu adalah...
$(A)\ \frac{3}{2}\ m $
$(B)\ \frac{5}{2}\ m $
$(C)\ \frac{1}{2}\sqrt{34}\ m $
$(D)\ \frac{1}{2}\sqrt{41}\ m $
$(E)\ \sqrt{14}\ m $
Alternatif Pembahasan:

Ukuran kamar Akbar yang berbentuk balok masih dalam bentuk perbandingan, sehingga kita bisa dapat memisalkan ukuran panjangnya menjadi $panjang=5x$; $lebar=5x$ dan $tinggi=4x$.

Lampu berada pada titik tengah langit-langit dan saklar berada pada titik tengah dinding, ilustrasi saklar dan lampu kurang lebih seperti gambar berikut;

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Jarak lampu dan saklar adalah;
$d=\sqrt{(\frac{5}{2}x)^{2}+(2x)^{2}}$
$d=\sqrt{\frac{25}{4}x^{2}+4x^{2}}$
$d=\sqrt{\frac{25}{4}x^{2}+\frac{16}{4}x^{2}}$
$d=\sqrt{\frac{41}{4}x^{2}}$
$d=\frac{1}{2}\sqrt{41}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \frac{1}{2}\sqrt{41}$

6. Perhatikan grafik fungsi kuadrat berikut!
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Koordinat titik potong grafik dengan sumbu $X$ adalah...
$(A)\ (1,0)\ \text{dan}\ (3,0)$
$(B)\ (2,0)\ \text{dan}\ (-3,0)$
$(C)\ (2,0)\ \text{dan}\ (1,0)$
$(D)\ (4,0)\ \text{dan}\ (1,0)$
$(E)\ (4,0)\ \text{dan}\ (2,0)$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan titik potong kurva dengan sumbu $X$, maka kita perlu ketahui persamaan kurva. Kurva pada gambar melalui titik puncak $(2,-1)$ dan sebuah titik sembarang $(0,3)$.
Jika diketahui Titik Puncak $(x_{p},y_{p})$ dan sebuah titik sembarang $(x,y)$ maka FK adalah:
$y=a\left (x -x_{p}\right)^{2}+y_{p}$
$3=a\left (0 -2\right)^{2}-1$
$3=4a-1$
$4=4a$
$a=1$
Persamaan kurva
$y=1\left (x -2\right)^{2}-1$
$y=x^{2}-4x+4-1$
$y=x^{2}-4x+3$
$y=(x-3)(x-1)$
Memotong sumbu $X$ di $(1,0)\ \text{dan}\ (3,0)$

Jika masih mau membahas lebih banyak tentang fungsi kuadrat: Matematika Dasar: Fungsi Kuadrat [Soal SBMPTN dan Pembahasan]

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ (1,0)\ \text{dan}\ (3,0)$

7. Sebuah toko buku menjual 2 buku gambar dan 8 buku tulis seharga $Rp48.000,00$, sedangkan untuk 3 buku gambar dan 5 buku tulis seharga $Rp37.000,00$. Jika Adi membeli 1 buku gambar dan 2 buku tulis di toko itu, ia harus membayar sebesar...
$(A)\ Rp24.000,00$
$(B)\ Rp20.000,00$
$(C)\ Rp17.000,00$
$(D)\ Rp14.000,00$
$(E)\ Rp13.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Pada soal disampaikan bahwa harga 2 buku tulis dan 8 buku gambar adalah $48.000$ dan 3 buku tulis dan 5 buku gambar adalah $37.000$.

Dengan memisalkan $\text{buku tulis}=m$ dan $\text{buku gambar}=n$ maka secara simbol bisa kita tuliskan;
$2m+8n=48.000$ atau $6m+24n=144.000$
$3m+5n=37.000$ atau $6m+10n=74.000$
Dari kedua persamaan diatas dengan mengeliminasi atau substitusi kita peroleh $14n=70.000$ maka $n=5.000$

Untuk $n=5.000$ maka $3m+5(5.000)=37.000$, $m=4.000$.

Harga yang harus dibayar untuk 1 buku gambar dan 2 buku tulis di toko itu adalah $13.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)\ Rp13.000,00$

8. Diketahui
$f(x)=\begin{cases}3x-p,\ x\leq 2 \\
2x+1,\ x > 2 \end{cases}$

Agar $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai, maka $p=...$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan defenisi limit, agar $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai maka Limit Kiri = Limit Kanan secara simbol dituliskan $\lim\limits_{x \to 2^{+}}f(x)=\lim\limits_{x \to 2^{-}}f(x)=L$

Limit kanan $\lim_{x\rightarrow 2^{+}}f(x)$
$\lim\limits_{x \to 2^{+}}(2x+1)=2(2)+1=5$

Limit kiri $\lim_{x\rightarrow 2^{-}}f(x)$
$\lim\limits_{x \to 2^{-}}(3x-p)=3(2)-p=6-p$

Berdasarkan defenisi agar $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai yaitu Limit Kiri = Limit Kanan maka:
$6-p=5$
$6-5=p$
$p=1$

$\therefore$ Jawaban yang sesuai adalah $1$

9. Dalam rangka mempersiapkan diri pada kejuaraan lomba lari tingkat nasional bulan depan, Susanti berlatih setiap hari. Dia menuliskan rata-rata kecepatan larinya setiap hari dalam tabel berikut:
Kecepatan $\left( \frac{cm}{detik} \right)$ Frekuensi
1-2 6
3-4 11
5-6 8
7-8 3
9-10 2
Grafik yang sesuai dengan data diatas dapat disajikan dalam bentuk...
(A).
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
(B).
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
(C).
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
(D).
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
(E).
Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan data pada tabel yang disajikan dalam bentuk grafik yang paling sesuai adalah gambar (B).

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Pada gambar (B) frekuensi sesuai seperti pada tabel, dan pada kecepatan ditampilkan titik tengah dari kecepatan rata-rata yang ada pada tabel.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$


10. Sebuah tangga memiliki panjang $6\ m$. Tangga tersebut disandarkan pada tembok rumah dengan membentuk sudut $60^{\circ}$ terhadap tanah. Ketinggian tembok yang dapat dicapai oleh ujung tangga dari permukaan tanah adalah...
$(A)\ 2\sqrt{2}\ m$
$(B)\ 3\sqrt{2}\ m$
$(C)\ 2\sqrt{3}\ m$
$(D)\ 3\sqrt{3}\ m$
$(E)\ 6\sqrt{3}\ m$
Alternatif Pembahasan:

Informasi yang ada pada soal dapat kita ilustrasikan kurang lebih seperti berikut ini;

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Dari gambar bisa kita hubungkan apa yang diinginkan oleh soal yaitu ketinggian tembok yang dapat dicapai oleh ujung tangga dari permukaan tanah adalah panjang $BC$.

Panjang $BC$ dapat kita hitung dengan bantuan defenisi perbandingan trigonometri yaitu sinus;
$sin\ 60^{\circ}=\frac{BC}{AB}$
$\frac{1}{2}\sqrt{3}=\frac{BC}{6}$
$BC=3 \sqrt{3}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 3\sqrt{3}\ m$

11. Diketahui suatu barisan aritmatika dengan $U_{2}=8$ dan $U_{6}=20$. Jumlah $6$ suku pertama barisan tersebut adalah...
$(A)\ 150$
$(B)\ 75$
$(C)\ 50$
$(D)\ 28$
$(E)\ 25$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal yaitu barisan aritmatika, maka kita butuh informasi berikut ini;
$U_{n}=a+(n-1)b$
$S_{n}=\frac{n}{2}\left(2a+(n-1)b \right)$

$U_{2}=8\ \rightarrow\ a+b=8$
$U_{6}=20\ \rightarrow\ a+5b=20$
$a+b+4b=20$
$8+4b=20$
$4b=20-8$
$b=\frac{12}{4}=3$

Untuk $b=3$ maka $a=5$, dan $S_{6}$ adalah
$S_{6}=\frac{6}{2} \left(2a+(6-1)b \right)$
$S_{6}=3 \left(2(5)+(5)(3) \right)$
$S_{6}=3 \left(10+15 \right)$
$S_{6}=3 \left(25 \right)$
$S_{6}=75$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 75$


12. Suatu pabrik gerabah tanah liat memproduksi gerabah melalui dua tahap. Tahap I menggunakan mesin I untuk mengolah tanah liat menjadi siap cetak. Tahap II menggunakan mesin II untuk mengolah bahan siap cetak menjadi gerabah. Misalkan $a$ menyatakan jumlah tanah liat dalam satuan karung dan $b$ menyatakan jumlah bahan yang siap cetak. Pada tahap I, $b=f(a)=5a-3$ dan pada tahap II, $g(b)=3b-2$ menyatakan jumlah gerabah yang dihasilkan. Jika satu buah gerabah seharga $Rp6.000,00$ dan terdapat $100$ karung tanah liat, pendapatan pabrik tersebut adalah...
$(A)\ Rp1.788.000,00$
$(B)\ Rp2.982.000,00$
$(C)\ Rp8.922.000,00$
$(D)\ Rp8.934.000,00$
$(E)\ Rp9.042.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal bahwa jumlah gerabah yang dihasilkan tergantung kepada $a$ dan $b$.
Untuk $a=100$ maka jumlah gerabah yang siap cetak adalah:
$b=f(a)=5a-3$
$b=5(100)-3=497$

Untuk $b=497$ maka jumlah gerabah yang dihasilkan adalah:
$g(b)=3b-2$
$g(497)=3(497)-2$
$g(497)=1491-2=1.489$

Untuk $1.489$ gerabah yang dihasilkan maka pendapatan pabrik adalah $1.489 \times 6.000$ adalah $Rp8.934.000,00$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ Rp8.934.000,00$

13. Diketahui $g(x)=3-x$ dengan $f(x)=6x^{2}+3x-9$. Jika $h(x)=f(x) \cdot g(x)$, turunan pertama dari $h(x)$ adalah $h'(x)=\cdots$
$(A)\ -6x^{2}+36x$
$(B)\ -6x^{2}+36x+18$
$(C)\ -18x^{2}+30x+18$
$(D)\ 18x^{2}+30x+18$
$(E)\ 18x^{2}-30x-18$
Alternatif Pembahasan:

Turunan pertama dari $h(x)=f(x) \cdot g(x)$ adalah:
$ \begin{align}
h(x) & = f(x) \cdot g(x) \\
h'(x) & = f'(x) \cdot g(x)+f(x) \cdot g'(x) \\
& =(12x+3)(3-x)+(6x^{2}+3x-9)(-1) \\
& =36x+9-12x^{2}-3x-6x^{2}-3x+9 \\
& =-18x^{2}+30x+18
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ -18x^{2}+30x+18$

14. Fungsi $f(x)=x^{3}+3x^{2}-9x-7$ turun pada interval...
$(A)\ 1 \lt x \lt 3$
$(B)\ -1 \lt x \lt 3$
$(C)\ -3 \lt x \lt 1$
$(D)\ x \lt -3\ \text{atau}\ x \gt 1$
$(E)\ x \lt -1\ \text{atau}\ x \gt 3$
Alternatif Pembahasan:

Syarat suatu fungsi akan turun adalah turunan pertama kurang dari nol,
turunan pertama $f(x)$ adalah $f'(x)=3x^2+6x-9$
$ \begin{align}
f'(x) & \lt 0 \\
3x^2+6x-9 & \lt 0 \\
x^2+2x-3 & \lt 0 \\
(x+3)(x-1) \lt 0 & \lt 0 \\
\text{diperoleh pembuat nol} \\
x & =-3\ \text{atau} \\
x & =1 \end{align} $

Kesimpulan fungsi $f(x)=x^{3}+3x^{2}-9x-7$ turun pada interval $-3 \lt x \lt 1$

Jika masih kesulitan menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan cepat silahkan disimak caranya: Cara Kreatif Menentukan HP Pertidaksamaan Kuadrat

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ -3 \lt x \lt 1$

15. Fajar sedang berlatih olahraga basket. Tahap pertama yang dia pelajari adalah teknik dribble bola yaitu memantulkan bola kelantai secara berulang-ulang dengan satu tangan.
Fajar memulai mendribble bola dari ketinggian $90\ cm$. Setelah bola menyentuh lantai tingginya bertambah menjadi $\frac{4}{3}$ dari tinggi semula. Jika diketahui tinggi Fajar adalah $175\ cm$ dan dia tidak dapat mendribble bola melebihi tinggi badannya, maka jarak seluruh lintasan bola dari pukulan pertama sampai bola itu berada pada tangan Fajar untuk dilakukan dribble terakhir adalah...
$(A)\ 8,6\ m$
$(B)\ 6,5\ m$
$(C)\ 5,3\ m$
$(D)\ 4,9\ m$
$(E)\ 3,3\ m$
Alternatif Pembahasan:

Lintasan pantulan bola pada saat Fajar melakukan dribble bola yang dilakukan dari awal sampai akhir, kurang lebih seperti berikut ini:

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA  Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)
Dengan memperhatikan ilustrasi diatas, karena tinggi bola setelah pantulan kedua adalah $\frac{4}{3}$ dari tinggi sebelumnya maka panjang lintasan adalah
Tinggi awal bola: $90$
Tinggi Setelah Pantulan I: $\frac{4}{3} \times 90=120$
Tinggi Setelah Pantulan II: $\frac{4}{3} \times 120=160$
Tinggi Setelah Pantulan III: $\frac{4}{3} \times 160=213 \frac{1}{3}$
Tinggi setelah pantulan III adalah $213 \frac{1}{3}$ dan ini sudah melewati tinggi Fajar yang $175$, sehingga setelah pantulan ke-II dia tidak lagi mendribble bola.

Panjang lintasan keseluruhan adalah $90+120+120+160=490\ cm=4,9\ m$
Soal ini adalah pengembangan deret geometri, jika ingin membahas soal dasar tentang deret geometri, silahkan disimak: Menghitung Deret Geometri Tak Hingga

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 4,9\ m$

16. Sudut antara garis $AC$ dengan $DG$ pada kubus $ABCD.EFGH$ dengan rusuk $a\ cm$ adalah...
$(A)\ 30^{\circ}$
$(B)\ 45^{\circ}$
$(C)\ 60^{\circ}$
$(D)\ 75^{\circ}$
$(E)\ 90^{\circ}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai ilustrasi soal diatas, kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $a$, garis $DG$ dan garis $AC$, kurang lebih seperti berikut ini;

Via : http://www.foldersoal.com

0 Response to "Soal dan Pembahasan UNBK Matematika IPA 2018 (πŸ‘Š Simulasi UNBK 2019 πŸ‘Š)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel